Jumat, 15 Juli 2011

Antara Aku, Lewat Tengah Malam & Salad Buah Yoghurt

Menjelang tengah malam, kantuk belum jua menerpa, namun rasa lapar semakin kuat mencengkeram. Yak !!! Konsentrasiku pun sukses buyar !

Otakku mulai sibuk mengabsen penjaja makanan atau minuman yang kerap lewat, seperti : nasi goreng ”tek tek”, sekoteng, sate padang hingga yang mangkal di dekat rumahku, seperti : penjaja nasi kucing atau penjaja minuman susu jahe hangat. Hmmmm…..

Jika saja tidak ingat akan “dosa – dosa lemak” yang telah menumpuk, jika saja ingin menuruti nafsu keinginan, pastinya kuturuti saja keinginan jajan di tengah malam itu.

Ohhh tapi….. Tidak ! Tidak ! Tidaaak !

Bergegas, aku beranjak keluar kamar dan berjalan mendekati lemari es yang terletak di depan dapur rumah kami, tak jauh dari kamarku. Kuambil dari dalamnya beberapa buah - buahan, lalu dengan kedua tangan sibuk mencengkeram buah – buahan tadi,  perlahan aku melangkah memasuki dapur.

Ketika memasuki ruang ini, dalam hati aku selalu tersenyum sendiri. Hehehe…. Betapa tidak ? Banyak cerita terangkum di sini. Banyak kegaduhan yang kami ciptakan sebagai bagian dari prosesku :  belajar memasak ! Hehehe…..  Seru !!

Dan rasa laparku malam itu, menggerakkan hasratku untuk membuat sesuatu berbahan dasar makanan sehat (paling tidak, kategori sehat menurutku pribadi sih, hehehe)

Kucuci semua bahan yang ada, hingga kurasa bersih, hingga kurasa layak untuk  kumakan. Kupetiki beberapa kuntum buah anggur hijau dan merah, kubelah – belah dan kumasukkan dalam gelas. Begitupun dengan 1 buah apel. Aku cuci dengan air mengalir, hingga betul – betul bersih, kulitnya pun aku kupasi dan dagingnya yang berwarna putih menggoda itu pun kubelah serta kuiris kecil – kecil. Lantas, aku ambil 1 buah jeruk. Kukupas kulitnya, lalu daging buahnya pun aku belah kecil – kecil untuk kumasukkan dalam  gelas saji. Tak lupa, aku berikan beberapa iris agar – agar jeli berwarna merah. Dan terakhir, sebagai sausnya, aku siramkan yoghurt dengan rasa “mix fruit”. Voila !

Selesai membuat Salad Buah Yoghurt, aku berjalan keluar dapur dan menuju ruang makan kami yang letaknya berhadapan dengan dapur. Kuletakkan gelasku di atas meja makan, lalu aku pun duduk. Ketika itu, waktu telah menunjuk pukul 00.41 dini hari. Suasana rumahku begitu hening, karena yang lain telah terlelap pulas. Aku duduk menghadapi gelas Salad Buah Yoghurtku.

Sendiri. Hanya aku & segelas Salad Buah Yoghurt.

Sesaat sebelum mulai menyantapnya, perhatianku terusik akan warna – warni dari dalam gelas. Putihnya apel, berbaur bersama warna merah marun si anggur, berhadapan dengan warna oranye dari daging buah jeruk dan si hijau anggur. Kehadiran warna merah cerah dari agar – agar jeli juga semakin menambah semarak isi gelas…… Terlebih ditutup dengan cairan putih susu dari yoghurt.

Terdiam menatap gelas, aku membayangkan beberapa  peristiwa dalam hidupku. Kadang penuh tawa suka cita diselingi derai air mata. Sekejap ceria, sedetik kemudian dirundung duka. Because, that’s life…..Life is never flat, isn’t it?

Pernah satu ketika, aku mengeluh dan berucap “Ayah….mengapa hidupku terasa berat sekali ?” Dan jawab  Ayah, “Nak, setiap detik peristiwa kehidupan setiap umat manusia menggoreskan warna.  Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila,ungu dan banyak lagi warna.  Taruhlah satu peristiwa membahagiakan sedang menghampiri, maknai itu sebagai sebuah warna “kuning” dan hidup akan bersinar cerah karena “kuning” yang datang. Hidup terasa gemerlap  apik dipandang dengan warna – warni yang cemerlang.

 Di lain kesempatan, bukan warna – warni cerah, namun berganti dengan hitam yang kelam. Hidup pun berubah gelap dan pekat.  Maka, jangan pandangi hidup berdasarkan satu per satu warna saja, terlebih di saat kegelapan sedang menghampiri. Jangan hanya fokus pada warna hitam kehidupan, atau berlama – lama girang menatap warna cerah kehidupan. Pandangi setiap warna yang hadir sebagai satu kesatuan, maka PELANGI-lah yang akan tampak di hidup kita dan yang menurut pandangmu berat, sesungguhnya itu INDAH, Nak !!

Tuhan selalu mencipta segala sesuatu sempurna dan imbang. Habis gelap, pasti akan terbit terang. Kehidupan masa muda akan berganti dengan masa tua. Pun jika saat ini tubuh mengalami satu peristiwa sakit, yakinlah insya Allah suatu saat akan datang obat menuju kesembuhan dan hidup sehat kembali.  Bersama kesulitan selalu ada kemudahan, Nak….itu janji Allah yang telah termaktub di dalam kitab suciNya. Yakini……. J
***

“Oh Ayah…..inikah yang Ayah maksud ? Memandang warna – warni peristiwa di hidupku, seperti saat ini aku tengah memandangi  warna – warni di dalam gelas Salad Buah Yoghurt ? Semarak aneka warna , tampak indah dan menggugah seleraku. …….

Lalu, ketika kucicip….. aneka rasa berpadu satu di lidah diterjemahkan sebagai satu sensasi LEZAT! oleh otakku.


Di sini, di jam ini…..
Antara Aku, Lewat Tengah Malam & Salad Buah Yoghurt




Kamis dinihari
14 Juli 2011, pukul 00:41 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar